ORIGINAL BLOG IN BAHASA INDONESIA. FOR ENGLISH (and other langguage ) YOU CAN TRANSLATE WITH GOOGLE TRANSLATED BOX

IN HIS ERA COMMON PEACE SIGN
BUILT FROM THIS NUCLEAR THREAT
BUT ON THE CURRENT AND FUTURE
NO! .
FOR FURTHER UNDERSTAND THE BACKGROUND
THINKING THINKING THIS
PLEASE LISTENING
BLOG BELOW FOR FURTHER
OR FOR MORE OPTIONS MENU
DASHBOARD OPEN THIS WEBSITE
In LINK BOX:
NEW WORLD HORIZON
OR OPEN WEBSITE LINK special Indonesian language in the BOX below:
WORDPRESS.COM
THANK YOU FOR YOUR VISIT





PADA MASANYA MASUK AKAL PERDAMAIAN
DIBANGUN DARI ANCAMAN NUKLIR INI
TAPI PADA MASA KINI DAN MASA DEPAN

TIDAK!! .
UNTUK LEBIH MEMAHAMI LATAR BELAKANG
PEMIKIRAN PEMIKIRAN INI
SILAKAN MENYIMAK
BLOG DIBAWAH INI LEBIH LANJUT
ATAU UNTUK PILIHAN MENU LEBIH BANYAK
BUKA
DASHBOARD WEBSITE INI
Di LINK BOX:

DASHBOARD NEW WORLD HORIZON
ATAU BUKA WEBSITE khusus bahasa Indonesia di LINK BOX dibawah ini di :
Anak Anak Cakrawala Damai di WORDPRESS.COM
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Thursday, May 20, 2010

EFEK " PIKIRAN " RUMAH KACA


BLOG/ARTIKEL UTAMA. I


 

EFEK ” PIKIRAN ” RUMAH KACA


PIKIRAN DAN REALITAS FUNDAMENTAL BARU
YANG TAK TERPIKIRKAN SECARA “REAL”.
ISTILAH PALING PAS BUAT MENYEBUT KEADAAN INI
MUNGKIN : revolusi ( atau evolusi )alam pikiran manusia masih dalam kondisi tidur !!

Siapapun tahu istilah dan arti ” efek rumah kaca “.
Planet bumi kita ternyata tak sekebal dan seabadi diharap para genius
penggerak revolusi industri.Dua abad silam, tak terpikir eko sistim
( bahkan bio sistim ) planet Bumi bakal terpengaruh
oleh kemodernan kita( salah satunya global warming yang jadi isiu paling populer ).

Juga dua abad silam tak terpikir bahwa: material bumi
yang telah kita ambil buat memenuhi kehidupan medern kita
ternyata bakal ada batas pakainya !
Siapapun tahu kesadaran itu adalah realitas positif yang sedang terjadi !!















Lantas apa selanjutnya ??
Semata problem alam global atau keterbatasan materi planet kita ? Kampanyekan, sadarkan dan atasi oleh semua pihak berkepentingan .Kemudian bila sudah beres (mudah mudahan teratasi ! ). Selesai !! Dan nadi dunia kembali berdenyut dijantung " KLASIK MODERN " ??

Saya sengaja tidak menyebut modern saja. Tapi diembeli klasik. Karena sesungguhnya kemanusiaan kita(sebagai individu ) bila kita amati nyaris hampir sama kemanusiaan nenek moyang kita .
Kemanusiaan dalam pengertian seutuhnya .Emosional dan intelektual .
Hanya saja kita sekarang dibekali perkakas modern( misalnya komodernan kita sudah sampai tingkat nano teknologi ). Paling yang perlu dicatat, kemajuan kemanusiaan yang signifikan kita alami, sekarang kita tak jadi manusia kanibal !!! .

Siapapun paham ketimpangan inipun adalah realitas yang sedang terjadi !. Jadi sesungguhnya kita semua hidup dalam zaman peradaban yang MULTI REALITAS !!

Multi realitas yang melahirkan banyak paradok dalam pikiran kita !
Padahal bila kita sedikit saja mau merenung kilas balik, suatu tahapan maha penting dan besar sedang terjadi didalam peradaban ini ( tapi tidak disadari dan tidak dianggap secara semestinya oleh pikiran kita ! ).
Bahkan mungkin , inilah revolusi atau evolusi pikiran yang paling jauh dapat dijangkau manusia, yang di kemudiaan hari tak bakal ada lagi tahapan seperti ini, karena segala sesuatunya telah FINISH(terstruktur)
Saya pernah mengungkap topik ini dalam bahasan lain dengan judul teori piramid. Kecuali dimasa depan ditemukan misalnya obat yang bisa menjadikan manusia hidup abadi........


BELUM PERNAH DALAM SEJARAH PERADABAN KITA SEBAGAI INDIVIDU, KELUARGA DAN MASARAKAT BANGSA BANGSA .KITA SECARA POLA PIKIRAN (MAUPUN EMOSIONAL) DALAM BEBERAPA BIDANG SATU SAMA LAIN TERHUBUNG SAMA BAHKAN SEPERTI TERIKAT BEGITU DEKAT DAN REAL SEBAGAI SATU UMAT SENASIB DAN SEPERJUANGAN ! .


Saya yakin sedikit atau banyak kita semua pernah merasa tergugah oleh keterkaitan global itu ( untuk ini kita semua harus berterima kasih pada media modern , terutama siaran TV. Berkat media siaran on line inilah apa yang terjadi di belahan dunia lain , terasakan juga langsung di belahan dunia lainnya !!!.


KESEIMBANGAN.


Lantas kenapa kita selama ini seperti " menyepelekan " kemajuan ini ???
Kenapa kemanusiaan kita tak berkembang sedramatis perkakas kemodernan kita ??
UNTUK MENCARI JAWAB , KITA ( LAGI )HARUS KILAS BALIK KE BELAKANG .
Menurut para nabi dari berbagai mesbah agama dan filsuf dari berbagai periode zaman. Karena diri manusia terbentuk selain faktor positif,juga ada faktor negatif. Egoistis, serakah, korup, irihati, zinah, kejam, pembohong, keras kepala . Adalah sebagian unsur negatif yang sepanjang peradaban manusia akan selalu menjadi motor musuh kebaikan !,baik secara individu, kelompok maupun bangsa .

Siapapun mengerti, kambing hitam semua kekacauan ini lebih banyak dijatuhkan pada yang namanya HATI MANUSIA ! daripada PIKIRAN MANUSIA !.
Kenapa keseimbangan ini berat sebelah ??? bukankah jiwa manusia terdiri pikiran dan perasaan ! .Kita yang sekarang hidup dizaman ini, tentu tidak bisa menyalahkan ketimpangan fokus pencerahan ini !!!
Karena memang selama ini .Tak ada yang mengungkapkan bahwa pikirin manusia tiap masa berkembang sesuai realitas yang ada pada zamannya !.Inilah yang kadang kadang membuat segala sesuatunya mandeg .Dianggapnya pikiran kita tak beda perasaan kita :CENDERUNG Abadi atau permanent sifatnya !!

Suatu anggapan yang betul betul keliru dan menyesatkan !
Selain perasaan kita .Tak ada yang abadi dalam otak kita .
Kecuali logika dan rasionalitas manusia tetap sama dari zaman ke zaman karena inilah kelebihan kita manusia dari mahluk lain di alam ini.


Dapat dibayangkan apa yang terjadi bila kita sebagai manusia kehilangan logika dan rasionalitas. Tentu kehidupan dan dunia ini bakal jadi absurd dan chaos , bukan saja didalam alam peradaban ini ,tapi dalam diri kita sendiri sebagai individu !



TERPAKSA.


Saya yakin, seandainya tahapan zaman sepenting sekarang, sudah ada dizaman para pencerah agama agama itu hidup menyebarkan ajarannya.Pasti porsi potensi pikiran manusia ini akan mendapat tempat yang seimbang dan penting. Sebagai perangkat utama untuk mengendalikan unsur negatif yang ada didalam diri manusia.


Bila boleh berumpama : Mungkin Sidharta Gautama, Lau tse, Jesus Kristus dan Nabi Muhamad akan terkejut bila melihat kondisi dunia peradaban sekarang.

Terlepas dari segala problem lokal yang masih membara bahkan berdarah disana sini, tak beda zaman purba . Tapi realitas kearah mana dunia peradaban masa kini hendak menuju adalah sesuatu yang bagi pelaku peradaban zaman dulu; adalah sesuatu yang ( maaf bila saya mengambil terminologi dari beberapa kitab suci ) cuma ada dialam Surga ( nirwana!).


Memang saat itu tak ada realitas real yang mampu menyentuh logika dan rasionalitas(POLA PIKIR ) individu,kelompok atau bangsa untuk menjadi ideal atau menjadi lebih baik, selain ajaran tentang moralitas yang sudah dikenal,misalnya lewat buku buku suci!!.REALITAS kesadaran hidup untuk: saling kerja sama berdampingan sebagai sebuah keluarga bangsa bangsa ( UMAT MANUSIA ), tampa me mandang ras, politik, agama dan kebangsaan ! jelas waktu itu diluar nalar !( diluar realitas real manapun ! ).

Dengan kata lain ; apa yang sedang terjadi didalam perjalanan peradaban kita sekarang ( hubungan emosional dan intelektual satu sama lain yang terhubung begitu dekat ) sesungguhnya adalah kemustahilan yang menjadi kenyataan !.Imajinasi yang tergenapi!. Ahir dari daya jangkau pikiran mahluk bernama manusia ini.

Meskipun tak terpikirkan bakal terjadi sebelumnya. Tapi tetap dasar dasar tujuannya ada. Dan sama persis !.


Perbedaannya. Bila didalam konsep pencerah agama dan filsuf bijak,semua itu diharapkan terjadi karena berdasar kesadaran keagungan dan kemulian diri manusia itu sendiri sebagai mahluk paling tinggi derajatnya . Sedangkan kerangka dan tanda tanda peradaban modern sedang melangkah menuju ke titik impian itu, bisa terjadi karena dipaksa oleh keadaan global yang menuju ke kekerusakan sistim !! ( tak beda jiwa para preman liar jalanan berubah mental dan sikap karena dibayangi rasa takut kotanya hancur ditinggal warga karena tingkah mereka sendiri )


KEKUATAN .

Namun meski ini terasa pahit.

Asal demi kebaikan, sebaiknya kita tak perlu mempersoalkan dari kondisi seperti apa realitas baru yang amat penting dan fundamental ini terbentuk. Sekarang yang lebih penting bagaimana kita menerima, kemudian menyikapi semua tanda tanda positif ini.Salah satunya bagaimana pola pikir kita dapat menerima utuh semua perubahan realitas itu. Kemudian ahirnya meningkatkan martabat kemanusiaan kita ke tarap lebih unggul.Tak peduli kita ada yang menamainya " REVOLUSI " atau " EVOLUSI " pikiran .

Agar tak ada lagi multi realitas, Dimana disekitar kita nampak modern , tapi didalam pikiran kita sendiri masih tertambat di peradaban zaman dulu .
SEOLAH POLA PIKIR KITA TIAP ZAMAN TAK MENGALAMI PERKEMBANGAN FUNDAMENTAL.SEOLAH PARADOK PARADOK DALAM PIKIRAN KITA TIDAK MENGGEROGOTI KEMANUSIAAN KITA MENJADI CHAOS !


Mungkin di masa depan kita bakal melihat sebuah laboratorium alam , dimana pikiran positif manusia mendapat tempat lebih sejajar dengan mitos hati manusia yang lebih banyak unsur jahatnya. Keseimbangan yang kita semua pasti mengharap akan membuahkan generasi peradaban yang lebih ideal : Mahluk modern dalam arti modern seutuhnya. Bukan klasik modern.

Memang tidak seperti ujud komodernan phisik dapat serta merta terlihat hasilnya.Komodernan utuh manusia tak mungkin terlihat serta merta, apalagi bila tak diimplementasikan secara sosial.Namun bagi kita semua yang sekarang sedang menyaksikan suatu peradaban zaman baru sedang naik kepentas dunia.Sedang berusaha mencari roh atau jiwa eksistensinya. Sedang menanti partisipasi seluruh umat manusia untuk menghidupkannya !

Sebagai individu yang berlogika dan berasionalitas sehat, pertama yang bisa kita lakukan .Bagaimana REALITAS baru yang fundamental ini tidak semata fenomena global.Tapi bagaimana ini bisa menjadi sebuah KEKUATAN UNTUK MENYATUKAN ALAM PIKIRAN KITA MENJADI SEBUAH POLA ATAU STRUKTUR YANG DITERIMA OLEH SETIAP MANUSIA DI PLANET INI.

KEKUATAN untuk meningkatkan martabat kemanusiaan kita dalam arti seutuhnya. EMOSIONAL DAN INTELEKTUAL ! dalam diri masing masing!!


Kekuatan untuk berubah. Karena kita punya kekuatan realitas HEBAT untuk menghancurkan segala realitas yang ketinggalan zaman dalam pikiran kita dan dunia.
Karena kita masing masing punya kekuatan pikiran baru untuk memberi andil pada dunia bahwa realitas HEBAT ini harus hadir disetiap jiwa penghuni planet ini !...




Bandung,jawabarat, 12 mei 2010.

No comments:

Post a Comment