ORIGINAL BLOG IN BAHASA INDONESIA. FOR ENGLISH (and other langguage ) YOU CAN TRANSLATE WITH GOOGLE TRANSLATED BOX

IN HIS ERA COMMON PEACE SIGN
BUILT FROM THIS NUCLEAR THREAT
BUT ON THE CURRENT AND FUTURE
NO! .
FOR FURTHER UNDERSTAND THE BACKGROUND
THINKING THINKING THIS
PLEASE LISTENING
BLOG BELOW FOR FURTHER
OR FOR MORE OPTIONS MENU
DASHBOARD OPEN THIS WEBSITE
In LINK BOX:
NEW WORLD HORIZON
OR OPEN WEBSITE LINK special Indonesian language in the BOX below:
WORDPRESS.COM
THANK YOU FOR YOUR VISIT





PADA MASANYA MASUK AKAL PERDAMAIAN
DIBANGUN DARI ANCAMAN NUKLIR INI
TAPI PADA MASA KINI DAN MASA DEPAN

TIDAK!! .
UNTUK LEBIH MEMAHAMI LATAR BELAKANG
PEMIKIRAN PEMIKIRAN INI
SILAKAN MENYIMAK
BLOG DIBAWAH INI LEBIH LANJUT
ATAU UNTUK PILIHAN MENU LEBIH BANYAK
BUKA
DASHBOARD WEBSITE INI
Di LINK BOX:

DASHBOARD NEW WORLD HORIZON
ATAU BUKA WEBSITE khusus bahasa Indonesia di LINK BOX dibawah ini di :
Anak Anak Cakrawala Damai di WORDPRESS.COM
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Tuesday, May 25, 2010

BLUE PRINT " PIKIRAN " ?

BLUE PRINT PIKIRANDALAM WAKTU TIDAK TERLALU LAMA LAGI.MUNGKIN DEKADE DEPAN,KITA AKAN MENYAKSIKAN BANGKITNYA SEBUAH GENERASI MODERN DALAM ARTI SEUTUHNYA.BUKAN MODERN TANGGUNG SEPERTI KITA SEMUA SEKARANG ALAMI.NAMUN INI TENTU AMAT TERGANTUNG PADA PARA PENDIDIK, DALAM HAL INI SEKOLAH DAN PEGURUAN TINGGI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL LAINNYA. KARENA KITA TAK PERLU TERLALU BERHARAP PADA PERADABAN SEKARANG , MAMPU MERUBAH DIRI SECARA SIGNIFIKAN MENANGGALKAN SEGALA REALITAS YANG LAMA. KARENA ALAM PIKIRAN KITA SUDAH TERLALU TEBAL TERKONTAMINASI OLEH PARADOK ZAMAN MULTI REALITAS YANG MEMBUAT DIRI KITA JADI MAHLUK NYARIS JALAN DITEMPAT DAN PLIN PLAN .




Pikiran bebas ?.
Siapapun pasti kenal istilah itu.
Makna paling populer dari istilah " pikiran bebas " tentu ketika zaman para imigran Eropa berbondong bondong menuju tanah tak bertuan yang dikenal sekarang bernama : Amerika Serikat ! .
Mereka merasa berpikiran bebas, karena waktu itu lembaga kerajaan atau dogma dogma hukum yang ada cuma berpihak pada penguasa. Ditanah yang baru itulah,mereka berharap ada kebebasan dalam seluruh dimensi pikiran mereka. Jadi mereka amat menghargai betapa kebebasan berpikir itu adalah sesuatu yang bernilai. Salah satu pengaruh dari semangat para imigran itu , dapat kita rasakan sampai zaman sekarang. Antara lain pengakuan formal dunia atas hak hak azazi manusia, yang salah satu butir azasnya adalah : KEBEBASAN BERPIKIR!.


Bagaimana dengan alam pikiran mereka ?.
Apakah masih aktual dengan realitas zaman kekinian ??.


Jelas dengan berada dibenua baru TAHAPAN cakrawala alam pikiran mereka bertambah luas.
Saya menyebut tahapan dengan garis tebal, karena tahapan tahapan adalah mata rantai maha penting dalam kedalaman dan keluasan alam pikiran manusia. Tak beda proses evolusi manusia ditinjau dari ilmu biologi!


Namun dalam bahasan ini, bukan konstek empiris seperti contoh diatas yang terutama akan diurai.
Tapi hanya salah satu unsur terpenting dalam alam pikiran kita.Yaitu POLA PIKIR kita. Pola pikir seperti kita semua tahu adalah bagaimana ;logika seseorang menjabarkan atau mengungkapkan atau menggerakan realitas yang ada disekitarnya berdasar kebenarannya.

TIDAK BEBAS .


Tapi benarkah dalam zaman kekinian , pola pikiran kita masih bebas ???
Bebas dalam arti boleh berpola pikir apa saja.Tentu ini dibedakan dari wawasan pikiran seseorang.Wawasan pikiran adalah salah satu unsur tersendiri dari alam pikiran.


Bila kita kilas balik ke zaman zaman awal dikenalnya mahluk bernama manusia ini, jelas pada masa masanya pola pikiran manusia bebas.KARENA ketika ketika itu BELUM SEMUA REALITAS ALAM TERKUAK dalam kepala mereka.Baik realitas alam dunia berujud materi maupun realitas dunia berbentuk non materi .Dengan kata lain masih ada celah celah , lobang lobang dan kesempatan kesempatan untuk berpikir bahkan berbuat apa saja .Dengan kata lain lebih spesifik belum ada sebuah rancangan terstruktur . Kecuali dibeberapa wilayah dunia yang ada penyebaran agama, tapi ini dalam konsep lain tentunya.

Sebagaib buktinya , tiap individu boleh berpikir semaunya....sebisanya....
Siapapun dan apapun di alam ini tak ada yang bisa membungkam gerak alam pikiran kita mau kemana atau berujud apa !.

Kembali kepertanyaan topik diatas. Apakah kini pola pikir kita masih bebas ??
Setelah membahas konstek diatas.Dengan menyesal kita harus menjawab; sekarang tidak lagi !.


TERSTRUKTUR.


Karena alam pikiran manusia di bangun, dibentuk dan DIISI berdasar tahapan tahapan zaman.
Tentu saja, isi alam pikiran (dalam hal ini pola pikir ) manusia tiap zaman berbeda . pola pikiran manusia purba jelas beda dengan isi pola pikiran zaman piramid, juga beda dengan isi pola pikiran manusia yang hidup di zaman Leonardu Da Vinci, juga tak sama dengan isi pola pikiran manusia yang hidup di awal revolusi industri. Apalagi dengan pola pikiran kita semua yang sekarang hidup di zaman nano tehnologi !.

Bila diurutkan secara geografis. Mungkin tahapan perkembangan pola pikiran manusia akan seperti ini.Pertama, pola pikiran yang isinya cuma seluas individual .Kemudian seluas keluarga, kemudian meningkat seluas kelompok, kemudian meningkat lagi seluas kerajaan. Kemudian dari batas nasional meningkat lagi ke wilayah trans nasional. Yaitu regional . Yang terahir ini , sebagaimana kita ketahui baru ahir abad lalu mulai berkembangnya.

Seperti telah kita sebutkan,pola pikiran adalah penjabaran real dan terencana dari realitas hidup yang bersangkutan, terlepas dari realitas apa yang sedang terjadi disekitarnya baik atau buruk bagi yang lain.Dengan kata lebih ekstrim terlepas dari irasionil atau tidak.
Ini harus dipisahkan dari lamunan, impian, khayalan.imajinasi atau apapun namanya pikiran yang tidak real !.Sama seperti kita memisahkan wawasan pribadi dari bahasan ini.


TEORI PIRAMID.


Dan bila kita tarik rancangan pola pikiran ,dari mulai manusia zaman purba sampai zaman nano teknologi.Ditinjau dari kebebasannya.Maka akan nampak sebuah grafik perkembangan yang konsisten.Makin maju peradaban , makin padat,ketat, dan mengerucut! ( kebalikan dari wawasan manusia makin lama justru makin luas dan melebar )

Dari pola pikiran absurd sarat misterius ,karena tak diketahui seperti apa alam kehidupan diluar batas komunitasnya .Kemudian pola pikiran hukum rimba, siapa kuat mereka yang menguasai kehidupan didunia ini.Kemudian pola pikiran awal revolusi industri yang mulai kenal hak kemerdekaan individu. Dan sekarang zaman nano teknologi, dimana dalam beberapa bidang ,emosional dan intelektual kita mulai diakari nilai nilai dan aturan aturan berskala global.

Tiap tahapan pola pikiran tentu punya patokan patokan, nilai nilai ,acuan acuan dan sebab akibatnya sendiri( ROHNYA ). Tapi yang jelas, perilaku manusia manusia pada masanya adalah cerminan apa yang ada didalam pola pikiran pada masanya itu. Tidak mungkin manusia manusia purba ,misalnya membayangkan dalam pola pikirannya ada manusia terbang piknik melintasi Pacific dari Singapur Ke Sanfransisco. Atau sebaliknya manusia manusia modern berpikir , bagaimana merampas kekayaan sebuah negri tetangga tanpa meninggalkan sisa sedikitpun !


Sangat menarik membanding bandingkan roh alam pikiran tiap zaman itu.
Kesadaran kita seolah diingatkan bahwa sejarah peradaban berkembang dinamis. Tak seperti emosional atau hati manusia yang cendrung seperti abadi!.

Sekarang kita semua mestinya harus terkena greget!.
Ada satu contoh aktual.
Dihari hari ini kita semua sering mendengar istilah EFEK RUMAH KACA .Salah satu unsur efek itu yang paling hangat dan populer adalah GLOBAL WARMING. Pemanasan global yang mengancam eko sistim planet bumi kita. Salah satu tindakan kecil pencegahan sering dikampanyekan ahli lingkungan hidup adalah JANGAN MEMBUANG ATAU MEMAKAI KANTUNG BELANJA PLASTIK, karena konon bahan plastik baru bisa terurai musnah 300 tahun kemudian !

Sekarang kita semua bertanya pada diri masing masing. Apakah setuju pada himbauan itu ???.
APAKAH POLA PIKIRAN KITA mampu menerima ajakan itu ????
Rasanya semua manusia diplanet ini yang terdidik.Dalam pola pikirannya akan setuju !.CUMA YANG IRASIONAL saja yang akan menjawab TIDAK !.

Nah !!!. Ini adalah fakta kecil dan sederhana bagaimana sebuah ROH baru telah mulai terbentuk dalam pola pikir kehidupan sehari hari kita. Roh pola pikiran kita dalam skala global untuk tujuan skala global juga !!.Dengan kata lain,pola pikiran kita . Untuk isiu ini sudah mulai mengarah ke sebuah struktur pola pikir yang universal. Tidak kenal batas nasionalitas, agama, rasa, tingkat pendidikan, kedudukan dan sebagainya !.
Tanpa sempat digembar gemborkan sesungguhnya kita semua BUKAN SEKEDAR PEDULU LINGKUNGAN HIDUP tapi telah melakukan lompatan besar ke depan .Perubahan yang amat fundamental dalam pola pikiran kita !. Pola pikiran kita seperti telah hampir sampai dibatas batas tepinya !.Tak ada lagi celah buat berpikir sesukanya.....! Semaunya.....! Sepuasnya !......Inilah teori piramid dalam pola pikir manusia, yang belum pernah terbayangkan di zaman zaman sebelumnya. Bahkan oleh konsep kalangan penyebar agama sejak ribuan tahun silam !




BLUE PRINT.



Siapapun pernah dengar kemajuan dibidang pemetaan DNA.
Nah, dimasa depan tak berapa lagi saya percaya pola pikiran manusiapun akan terpeta. Atau istilah lebih tepat terstruktur ketat terencana ( BLUE PRINT ). Mungkin tak terstruktur seperti unsur biologis manusia. Karena pola pikiran kita meski berkembang dalam otak kita , tapi ujud materi alam pikiran kita adalah abstrak. Jadi terstuktur dalam pengertian psikologis , itu lebih tepat. Tak ada tempat buat petualangan , tindakan tindakan dan idea idea bebas yang berlawanan dengan kepentingan planet ini ( Global ).

Siapa dizaman zaman sebelum kita, berani meramalkan kebebasan didalam pola pikiran manusia akan berhenti disuatu titik puncak ??? Siapa dizaman zaman sebelum kita ,berani berkata didalam pola pikiran kita bakal berkembang menjadi terstuktur , lengkap dengan pertimbangan boleh atau tidak dilakukan !.

Sekarang kita akan menyaksikan lebih banyak lagi realitas realitas baru ( BUKAN LAGI ISIU LINGKUNGAN HIDUP )yang masuk kepola pikiran kita sebagai blue print zaman baru. REALITAS REALITAS yang utama ,penting dan strategis. Yang akan membentuk kita semua menjadi mahluk modern dalam arti sebetulnya. Bukan modern tanggung karena masih ada realitas ketinggalan zaman masih kokoh kita jalani.Makin cepat proses itu terjadi makin cepat generasi baru peradaban lahir !

2 comments:

  1. Perdamaian adalah ciri khusus manusia, jika tidak ada ciri ini, maka manusia kehilangan kemanusiaannya.
    Kalo bersedia, anda bisa membuka akun di kompasiana, mengirim artikel tentang suara perdamaian.
    http://www.kompasiana.com.

    blog saya di kompasiana
    http://www.kompasiana.com/muhibbuddin

    selamat berartikel ria...damai semua..

    ReplyDelete