ORIGINAL BLOG IN BAHASA INDONESIA. FOR ENGLISH (and other langguage ) YOU CAN TRANSLATE WITH GOOGLE TRANSLATED BOX

IN HIS ERA COMMON PEACE SIGN
BUILT FROM THIS NUCLEAR THREAT
BUT ON THE CURRENT AND FUTURE
NO! .
FOR FURTHER UNDERSTAND THE BACKGROUND
THINKING THINKING THIS
PLEASE LISTENING
BLOG BELOW FOR FURTHER
OR FOR MORE OPTIONS MENU
DASHBOARD OPEN THIS WEBSITE
In LINK BOX:
NEW WORLD HORIZON
OR OPEN WEBSITE LINK special Indonesian language in the BOX below:
WORDPRESS.COM
THANK YOU FOR YOUR VISIT





PADA MASANYA MASUK AKAL PERDAMAIAN
DIBANGUN DARI ANCAMAN NUKLIR INI
TAPI PADA MASA KINI DAN MASA DEPAN

TIDAK!! .
UNTUK LEBIH MEMAHAMI LATAR BELAKANG
PEMIKIRAN PEMIKIRAN INI
SILAKAN MENYIMAK
BLOG DIBAWAH INI LEBIH LANJUT
ATAU UNTUK PILIHAN MENU LEBIH BANYAK
BUKA
DASHBOARD WEBSITE INI
Di LINK BOX:

DASHBOARD NEW WORLD HORIZON
ATAU BUKA WEBSITE khusus bahasa Indonesia di LINK BOX dibawah ini di :
Anak Anak Cakrawala Damai di WORDPRESS.COM
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Friday, May 21, 2010

CAKRAWALA BARU ANTARA MOMENTUM HEBAT DAN " GONE WITH THE WIND "

APA DAN SIAPA KEKUATAN YANG MAMPU MEMBAWAKAN CAKRAWALA BARU MENJADI WUJUD PERADABAN YANG LEBIH TINGGI?? PADA INTINYA SEBETULNYA BUKAN MENGENAI SEBUAH KELOMPOK,APALAGI SESOSOK INDIVIDU !!.INI ADALAH TENTANG GABUNGAN JERITAN PANJANG DALAM SEJARAH PENDERITAAN UMAT MANUSIA , KERESAHAN DAN FRUTASI DARI ZAMAN KE ZAMAN AKAN TIBANYA MASA KEDAMAIAN , KEPEDIHAN AKAN KEHANCURAN DAN KESAKITAN AKAN TRAGEDI TRAGEDI KEMANUSIAAN YANG TAK BERAKAL SEHAT SEPANJANG SEJARAH PERADABAN PERADABAN SAMPAI SEKARANG. INI TENTANG KERINDUAN ZAMAN BARU ! !!!



Maka jelaslah perjalanan penantian umat manusia atas momentum sekarang ini bukan perkara gambang yang instan !!Tapi sebuah perkara yang amat panjang dan mahal ongkos prosesnya !! Bayangkan sepanjang sejarah peradaban peradaban manusia harus dilalui sebelum planet ini punya bayangan jiwa atau nalar kehidupan yang saling bersinergi satu bangsa dengan lainnya : AKAL SEHAT TUNGGAL MAHLUK BERNAMA MANUSIA !

Akal sehat berdimensi global yang selama ini diimpikan .Tapi karena memang tak ada faktor realitas pemersatu yang sesuai mendukung momentum ini. Maka baru dizaman kita tanda tandanya baru terlihat.

Akal sehat yang tak peduli dari mana mula pertama timbulnya . Entah dari keluhuran budi pekerti kita sebagai mahluk paling agung dialam ini . Atau akal sehat dari individu individu ketakutan akan keselamatan hidupnya, tak beda binatang binatang buas di rimba raya !.Bagi kita, tak jadi soal . Semuanya adalah realitas yang perlu disukuri dan dipelihara !.

Kenapa dipelihara ????
Bukankah itu sudah jadi bagian realitas kita setiap hari ???
Bukankah itu sudah menjadi bagian real peradaban coreng moreng kita ???
Betul!. Tapi kita secara de fakto masih hidup dalam bayangan realitas realitas yang lama. Bahkan disana sini masih berlaku efektip, tak ada tempat atau celah buat realitas baru terbit . Seperti konflik konflik lokal berdarah , baik yang baru maupun peninggalan sejarah .Konflik konflik ideologi sempit dan ekstrim , yang setitikpun tak mkenal istilah kompromi, seperti Tuhan melawan Iblis !.
Disana, jangankan akal sehat berdimensi global, akal sehat skala lokalpun terkadang tak ditemukan !

Maka tak berlebihan . Di banyak topik bahasan lain saya doyan sekali menggunakan istilah MULTI REALITAS buat menyebut keadaan zaman kita hidup sekarang ini. Zaman multi realitas yang pada ahirnya membuat kita sebagian jadi manusia bingung, plin plan, picik,pesimis, tak inovatip, kuno, terkukung dan pasrah !. Yang ahirnya berimbas pada keseimbangan moralitas kita menjadi, pencuri, pembunuh, egois ,korupsi, apatis dan sebagainya !.



MOMENTUM HEBAT.



Apakah kita semua akan membiarkan momentum hebat ini muncul ketengah tengah hidup kita begitu saja ??.Tak bosa bosannya saya bertanya demikian ini.


Memang, banyak contoh sejarah. Zaman baru kadang tak digerakan apalagi diundang pun akan menggilas segala sesuatu yang tak sesuai dengan zaman. Dengan arti lain, tanpa umat manusia menyadari apalagi tergugah pun MUNGKIN peradaban baru yang akan lebih meninggikan harkat kemanusiaan kita dapat saja datang !.
Tapi semua itu terjadi biasanya lewat proses yang perlahan, setapak demi setapak .......Mungkin baru setengah abad lagi atau tahun 2050 baru kita dapat alami zaman peradaban impian itu .Zaman ckrawala baru !Saat generasi Blue Print mulai tampil ke pentas dunia, mengganti para tetua pelakon peradaban !


Dan satu perlu di perhatikan.
Berbeda di zaman zaman sebelumnya. Berkat kemajuan perkakas kemodernan kita . Sekarang sekelompok kecil individu mampu membuat bom pemusnah masal . Bagaimana jika sekelompok kecil individu tersebut , misalnya karena frutasi pada sesuatu lembaga ,baik skala nasional maupun internasional. Memakai senjata pemusnah masal tersebut buat mencapai tujuanya?.Seperti kita semua tahu, efek impak bom nuklir bisa menjangkau skala global !


Dengan arti lain. Hanya sekelompok individu irasionil pada zaman modern kita ini, mampu MEMUTAR JARUM SEJARAH PERADABAN kembali mundur jauh kebelakang !.
Jadi betapa penuh resikonya taruhan proses kemajuan zaman menjadi lebih baik ini.
Belum bila kita berbicara tentang para negarawan , politisi atau jendlar jendlar yang eksentrik , yang terbius oleh romantisme kejayaan masa lampaunya. Yang dalam catatan sejarah dunia selalu akan muncul di setiap zaman. Hanya bentuk dan penjelmaannya saja yang berbeda!


GONE WITH THE WIND.



Ada istilah amat populer, diambil dari judul sebuah film klasik. Rasanya cocok untuk menggambarkan kondisi momentum hebat zaman baru mulai kita alami ini .GONE WITH THE WIND ( lenyap bersama angin ). Apakah momentum hebat ini cuma singgah di peradaban kita sebentar saja. SATU DASAWARSA ???? DUA DASAWARSA ???? Setelah itu hilang terbawa angin zaman ......

Mungkin saja itu terjadi . Bila kita semua tak cerdas memanfaatkan peluang amat besar dan penting ini. Karena belajar dari sejarah. REALITAS selalu berkembang. Berubah mengikuti realitas yang baru , termasuk realitas bencana yang tiba tiba bisa muncul, seperti pencuri disiang hari!.

Realitas hidup dan kehidupan adalah dinamis.
Kita tak akan tahu realitas apa setepatnya berada di hari esok. Karena terkadang realitas baru sulit diramalkan. Apalagi bila menyangkut iptek, misalnya ditemukan obat yang bisa membuat hidup abadi , atau ditemukan planet lain seperti dibumi di alam semesta lain !

Mungkin karena itu, ada pengamat berkata ; sesunguhnya peradaban manusia sangat temporer sifatnya. Yang abadi adalah moralitas dan humanitas kita. Tapi selalu kalah , atau paling banter bertahan cuma sebentar sekali.Kita disini tak akan membahas kenapa moralitas dan humanitas kita selalu terpinggirkan . Paling hidup subur ditengah tengah komunitas kelompok , ras, agama ,ideologi atau persekutuan lainnya.

Belum pernah dalam sejarah peradaban manusia , tercatat ada peradaban dalam arti global ( lintas ras, agama,kerajaan ) memiliki zaman keemasan yang mampu memberi harapan, hidup dan ketentraman pada setiap penghuninya.


Maka ahirnya, semua jawaban ini tergantung kita semuanya. Apakah akan memanfaatkan momentum hebat ini buat meninggikan tingkat kemanusiaan kita . Selanjutnya membenahi peradaban kita menjadi lebih tertib, berlogika dan berakal sehat !.

Atau membiarkan momentum hebat ini kehilangan gregetnya. Kemudian lambat laun tanpa kita semua sadari lenyap bersama angin sejarah dan zaman !

No comments:

Post a Comment